Sunday, September 17, 2006

PKS Ingin Bersama PPP dalam Pilgub

Senin, 18 September 2006 NASIONAL
Line

PKS Ingin Bersama PPP dalam Pilgub

  • Hasil Jajak Pendapat

SEMARANG - Mayoritas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jawa Tengah menghendaki partai itu berkoalisi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk mengajukan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Jateng 2008.

Hasil jajak pendapat yang dilakukan terhadap 35 DPD setingkat kabupaten/kota pada kegiatan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Wilayah Dakwah III PKS Jateng-DI Yogyakarta yang berakhir Minggu (17/9) di LPMP Srondol Semarang mencerminkan keinginan tersebut.

''Sebanyak 25,5% DPD menginginkan PKS Jateng berkoalisi dengan PPP,'' kata Ketua DPW PKS Arif Awaludin didampingi Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah A Fikri Faqih kemarin.

Di urutan kedua, parpol yang diminati kader PKS untuk berkoalisi adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan persentase 16%. Disusul keinginan berkoalisi dengan PDI-P (15,5%). Adapun kehendak untuk berkoalisi dengan partai lain seperti Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat, persentasenya di bawah 15%.

Mengenai posisi yang diinginkan para kader di DPD tersebut, lanjut Arif, mayoritas menginginkan posisi wakil gubernur dengan dukungan 60%, sedang sisanya 40% DPD menghendaki posisi gubernur.

Nama Cagub

Dari arena Rapimwil itu, soal nama-nama calon gubernur yang disebut para kader juga makin bertambah. Sebelumnya hanya empat orang, yakni Ali Mufiz, Budi Santoso, Chaerul Rasjid, dan Bambang Sadono. Kemudian bertambah, yakni Bupati Sragen Untung, Bupati Kebumen Rustriningsih, dan Mantan Pangdam IV Diponegoro Sunarso.

Menanggapi hasil jajak pendapat itu, Ketua Fraksi PPP DPRD Jateng Masruhan Samsurie menyatakan hasil tersebut memang tidak salah. ''PKS memasukkan PPP pada urutan pertama parpol yang akan diajak koalisi itu bukan sikap yang salah. Itu bagus,'' ungkap Masruhan.

Salah satu yang melandasinya adalah baik PPP maupun PKS sama-sama partai yang berasas dan berbasis Islam.

''Jadi rasanya sreg jika kedua partai ini berkoalisi. Kami punya visi dan misi yang sama, cuma variasi dalam implementasinya yang berbeda,'' tutur Wakil Ketua DPW PPP itu.

Dengan hasil jajak pendapat tersebut, lanjut dia, makin jelaslah langkah untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur kelak. (G17-60n)

http://suaramerdeka.com/

No comments: